3 Jenazah WNI Korban Kapal Oryong Akan Tiba di Tanah Air

Jumat, 09 Januari 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tiga jenazah warga negara Indonesia yang menjadi korban tenggelamnya Kapal Oryong 501 milik Korea Selatan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (9/1/2015) pukul 20.30 WIB. Jenazah anak buah kapal (ABK) tersebut akan dibawa dengan menggunakan Korean Air KE627, menyusul 13 jenazah lain yang sudah tiba dini hari tadi.

"Selain dari ketiga belas jenazah tersebut, terdapat 3 jenazah ABK WNI korban tenggelamnya Kapal Oryong 501 lainnya yang rencananya akan dipulangkan ke Indonesia pada hari yang sama, dengan menggunakan Korean Air KE627 yang akan tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta pukul 20.30 WIB," tulis siaran pers Kemenlu yang diterima wartawan, Jumat.

Menurut Kemenlu, pemulangan ketiga jenazah tersebut tidak dilakukan secara bersamaan dengan 13 jenazah lain karena proses identifikasi yang masih memerlukan waktu. Pemerintah RI telah mengirimkan 3 orang anggota tim Disaster Victim Identification Polri ke Busan, Korea Selatan, untuk secara langsung mendukung proses identifikasi yang dilakukan oleh tim National Forensic Service Korea Selatan.

Hari ini, Menlu Retno Marsudi mewakili pemerintah Indonesia mengikuti proses serah terima 13 jenazah korban Oryong. Saat menerima jenazah, Ratna juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mengawal proses lanjutan setelah jenazah kembali ke daerah masing-masing, termasuk memastikan hak-hak korban terpenuhi.

Sebanyak 13 jenazah tersebut adalah WNI yang bekerja untuk perusahaan Sajo Industries, perusahaan yang mengoperasikan kapal Oryong 501. Kapal Oryong 501 diketahui tenggelam di perairan Rusia pada awal Desember lalu.[kms]