Kenali Sejak Awal Penyebab Karier Anda Mandek

Selasa, 14 Oktober 2014 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Promosi adalah hal umum di sebuah pekerjaan. Meski demikian, tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini. Pertanyaan pun muncul, selama ini Anda sudah bekerja keras dan loyal terhadap perusahaan. Anda juga sering lembur. Tetapi mengapa hingga saat ini Anda belum dipromosikan? 

Huffington Post, merilis Selasa (14/10/14) beberapa alasannya penyebab hal itu terjadi, antara lain:

1. Karyawan baru 
Karyawan dengan masa kerja di bawah tiga tahun biasanya belum akan mendapatkan promosi. Meski demikian, jika Anda mendapatkan bayaran di bawah standar, bisa jadi perusahaan akan mempertimbangkan kenaikan. 

2. Kemampuan Anda tidak berkembang
Jika Anda tidak meningkatkan kemampuan, maka performa Anda akan tertinggal; begitu juga kesempatan promosi. Selain itu, promosi tersedia bagi mereka yang berani mengambil tanggung jawab lebih dan memberikan solusi ke perusahaan. Bukan kepada karyawan yang hanya mengerjakan tugas sehari-hari. 

3. Tidak bermain politik 
Hal ini penting. Tapi bukan berarti Anda menjegal langkah orang untuk meraih keuntungan sendiri. Bagaimanapun juga, Anda harus memperhatikan lingkungan kantor; siapa saja yang meningkatkan kinerja dan kesuksesan mereka, kemudian belajar dari hal tersebut. 

4. Kebijakan perusahaan 
Setiap perusahaan memiliki jadwal promosi masing-masing. Selain itu, bisa jadi mereka tidak melakukan promosi terhadap karyawannya karena sedang mengalami masalah, kesulitan finansial atau merencanakan PHK besar-besaran. 

5. Terlalu banyak atau terlalu sedikit bicara 
Kebiasaan terlalu banyak bicara tidak baik untuk Anda, apalagi jika itu menjelek-jelekkan karyawan lain dan perusahaan. Bisa jadi, perusahaan mempertahankan tetapi tidak mempromosikan Anda hanya karena kinerja Anda baik. 

Sementara itu, jika Anda terlalu pendiam dan tidak percaya diri, promosi juga akan jauh dari jangkauan. Jangan takut untuk meminta promosi jika Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik dan membawa perubahan pada perusahaan. Tetapi, lakukan hal itu dengan data pendukung mengapa Anda layak mendapatkan promosi. 

6. Tidak ada advokasi 
Jika Anda dan atasan tidak akur, bisa jadi mereka tidak cukup mengadvokasi Anda untuk mendapatkan promosi. [***]